The Death of HR People?

Our most important asset is our great people.

Kata mutiara tersebut merupakan tantangan bagi para pengelola SDM di perusahaan. Kenyataan kini makin kencang suara yang mempertanyakan kredibilitas pengelola SDM dalam mengembangkan para mutu karyawan.

Realitas yang banyak terjadi pada perusahaan di Indonesia, departemen SDM masih diidentikkan dengan persoalan administrasi personalia belaka, dan hanya punya peran marginal dalam pengendalian arah strategis perusahaan.

Untuk membalikkan situasi semacam ini ada 2 langkah kunci pembenahan internal bagi para pengelola SDM:

1. Setiap pengelola SDM mesti memahami dinamika dan bisnis dimana perusahaannya berada.
  • Mengetahui posisi dalam peta persaingan pasar.
  • Paham dinamika pertumbuhan industri dimana perusahaan berkiprah.
  • Mampu membaca arah perkembangan bisnis masa depan.
  • Kenyataan, banyak para pekerja HRD yang tidak paham tentang: Pertumbuhan bisnis perusahaan, konfigurasi persaingan bisnis masa depan, tidak tahu total sales dan market share produk-produk perusahaannya.
2. Pemahaman tentang konsep dan praktek dalam pengelolaan SDM yang benar.
  • Para pengelola SDM mesti mampu merumuskan dan merealisasikan strategi pengembangan SDM yang integrative dengan kebutuhan bisnis perusahaan.
  • Memahami dan mampu mengaplikasi pengembangan metode dengan tepat sasaran.